{وَلِلَّهِ
الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ إِنَّ
اللَّهَ وَاسِعٌ عَلِيمٌ (115) }
Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat. Maka
ke mana pun kalian menghadap, di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah
Mahaluas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui.
Makna ayat ini —hanya Allah yang mengetahuinya— merupakan penghibur bagi
Rasulullah Saw. dan para sahabat yang telah diusir dari Mekah dan berpisah
meninggalkan masjid dan tempat salat mereka. Pada mulanya Rasulullah Saw. salat
di Mekah menghadap ke arah Baitul Maqdis, sedangkan Ka'bah berada di hadapannya.
Ketika beliau Saw. tiba di Madinah, beliau masih menghadap ke arah Baitul Maqdis
selama enam belas atau tujuh belas bulan. Kemudian Allah Swt. memalingkannya ke
arah Ka'bah. Karena itu, Allah Swt. berfirman: Dan kepunyaan Allah-lah timur
dan barat. Maka ke mana pun kamu menghadap, di situlah wajah Allah.
(Al-Baqarah: 115)
Abu Ubaid Al-Qasim ibnu Salam telah meriwayatkan di dalam kitab Nasikh wal
Mansukh, telah menceritakan kepada kami Hajaj ibnu Muhammad, telah
menceritakan kepada kami Juraij dan Usman ibnu Ata, dari Ata, dari Ibnu Abbas
yang mengatakan bahwa bagian permulaan dari Al-Qur'an yang dimansukh bagi kami
menurut apa yang diceritakan kepada kami —hanya Allah Yang lebih mengetahui—
adalah mengenai masalah kiblat. Allah Swt. berfirman: Dan kepunyaan Allah-lah
timur dan barat. Maka ke mana pun kalian menghadap, di situlah wajah Allah.
(Al-Baqarah: 115)
Maka Rasulullah Saw. menghadap ke arah Baitul Maqdis dalam salatnya dan
meninggalkan arah Baitul 'Atiq (Ka'bah). Kemudian Allah me-nasakh-nya dan
memalingkannya ke arah Baitul 'Atiq, yaitu melalui firman-Nya: Dan dari mana
saja kamu berangkat, maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan di
mana saja kamu sekalian berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya.
(Al-Baqarah: 150)
Ali ibnu Abu Talhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa
permulaan ayat Al-Qur'an yang di-mansukh adalah mengenai masalah kiblat. Hal ini
terjadi ketika Rasulullah Saw. hijrah ke Madinah yang penduduknya antara lain
adalah orang-orang Yahudi. Maka Allah memerintahkannya untuk menghadap ke arah
Baitul Maqdis (dalam salatnya), hingga orang-orang Yahudi gembira melihat hal
itu. Rasulullah Saw. menghadap ke arah Baitul Maqdis (dalam salatnya) selama
belasan bulan, padahal Rasulullah Saw. sendiri lebih menyukai kiblat Nabi
Ibrahim a.s. (yaitu Ka'bah). Karena itu, beliau Saw. selalu menengadahkan
pandangannya ke langit. Maka Allah menurunkan firman-Nya: Sungguh Kami
(sering) melihat mukamu menengadah ke langit —sampai dengan firman-Nya—
maka palingkanlah wajahmu ke arahnya. (Al-Baqarah: 144-150)
Melihat hal tersebut orang-orang Yahudi merasa curiga, lalu mereka berkata,
"Apakah gerangan yang memalingkan mereka dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang
pada mulanya mereka telah berkiblat kepada-nya?" Lalu Allah Swt. menurunkan
firman-Nya: Katakanlah, "Kepunyaan Allah-lah timur dan barat."
(Al-Baqarah: 142)
*******************
{فَأَيْنَمَا
تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ}
Maka ke mana pun kalian menghadap, di situlah wajah Allah.
(Al-Baqarah: 115)
Ikrimah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya,
"Maka ke mana pun kalian menghadap, di situlah wajah Allah" (Al-Baqarah:
115). Yang dimaksud dengan wajah Allah ialah kiblat Allah, yakni ke mana pun
kamu menghadap, di situlah kiblat Allah, baik ke arah timur ataupun ke arah
barat.
Mujahid mengatakan sehubungan dengan takwil firman-Nya, "Maka ke mana pun
kalian menghadap, di situlah wajah Allah" (Al-Baqarah: 115), yakni di mana
pun kalian berada, maka menghadaplah kalian ke arah kiblat yang kalian sukai,
yaitu Ka'bah.
Sesudah mengetengahkan riwayat asar di atas, Ibnu Abu Hatim meriwayatkan pula
dari Ibnu Abbas sebuah asar mengenai pe-nasakh-an kiblat ini melalui Ata, dari
Ibnu Abbas. Telah diriwayatkan dari Abul Aliyah, Al-Hasan, Ata Al-Khurrasani,
Ikrimah, Qatadah, As-Saddi, dan Zaid ibnu Aslam hal yang semisal.
Ibnu Jarir mengatakan, ulama lainnya bahkan ada yang mengatakan bahwa Allah
menurunkan ayat ini sebelum ada kewajiban menghadap ke arah Ka'bah. Sesungguhnya
Allah Swt. menurunkan ayat ini hanya untuk memberitahukan kepada Nabi-Nya dan
para sahabatnya bahwa dalam salatnya mereka boleh menghadapkan wajah ke arah
mana pun yang mereka sukai di antara arah timur dan barat. Karena sesungguhnya
tidak sekali-kali mereka menghadapkan wajahnya ke suatu arah mana pun melainkan
Allah Swt. berada di arah tersebut, mengingat semua arah timur dan barat
hanyalah milik-Nya belaka; dan bahwa tiada suatu arah pun melainkan Allah Swt.
selalu berada padanya, seperti yang diungkapkan oleh firman-Nya:
وَلا
أَدْنى مِنْ ذلِكَ وَلا أَكْثَرَ إِلَّا هُوَ مَعَهُمْ أَيْنَ مَا
كانُوا
Dan tiada (pula) pembicaraan antara (jumlah) yang kurang dari itu atau
lebih banyak, melainkan Dia ada bersama mereka di mana pun mereka berada.
(Al-Mujadilah: 7)
Mereka mengatakan bahwa setelah itu keharusan yang ditetapkan atas mereka
adalah menghadap ke arah Masjidil Haram. Demikianlah menurut keterangan Ibnu
Jarir. Mengenai penjelasan yang mengatakan bahwa tiada suatu tempat pun
melainkan Allah selalu berada padanya; jika yang dimaksudkan adalah ilmu Allah
Swt., berarti benar. Tetapi jika yang dimaksudkan adalah Zat-Nya, maka tidak
benar, karena Zat Allah tidak dapat dibatasi oleh sesuatu pun dari makhluk-Nya
(yakni Allah tidak membutuhkan tempat). Mahasuci Allah dari hal tersebut, dan
Maha Tinggi Dia dengan ketinggian yang setinggi-tingginya.
Ibnu Jarir mengatakan bahwa ulama lainnya mengatakan, bahkan ayat ini
diturunkan oleh Allah kepada Rasul-Nya sebagai izin dari-Nya boleh menghadap ke
arah mana pun —baik ke arah timur atau-pun ke arah barat— dalam salat sunatnya;
juga dalam perjalanannya, ketika perang sedang berkobar, dan dalam keadaan yang
sangat menakutkan.
Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, telah menceritakan kepada kami
Ibnu Idris, telah menceritakan kepada kami Abdul Malik alias Ibnu Abu Sulaiman,
dari Sa'id ibnu Jubair, dari Ibnu Umar, bahwa ia pernah salat menghadap ke arah
mana unta kendaraannya menghadap, lalu ia mengatakan bahwa Rasulullah Saw.
pernah melakukan hal itu berdasarkan takwil ayat berikut: maka ke mana pun
kalian menghadap, di situlah wajah Allah. (Al-Baqarah: 115)
Asar ini diriwayatkan oleh Imam Muslim, Imam Turmuzi, dan Imam Nasai serta
Ibnu Abu Hatim dan Ibnu Murdawaih melalui berbagai jalur dari Abdul Malik ibnu
Abu Sulaiman dengan lafaz seperti tersebut di atas. Asal hadis ini berada di
dalam kitab Sahihain (Sahih Bukhari dan Sahih Muslim) melalui hadis Ibnu Umar
dan Amir ibnu Rabi'ah, tetapi tanpa menyebutkan ayat.
Di dalam kitab Sahih Bukhari melalui hadis Nafi’ dari Ibnu Umar r.a.
disebutkan bahwa Ibnu Umar apabila ditanya mengenai salat Khauf, ia
menggambarkan (memperagakan)nya. Kemudian ia mengatakan, "Apabila keadaan
semakin menakutkan, maka mereka salat dengan berjalan kaki, ada pula yang
berkendaraan, ada yang menghadap ke arah kiblat ada pula yang tidak menghadap ke
arah kiblat." Selanjutnya Nafi' mengatakan, "Aku merasa yakin bahwa Ibnu Umar
tidak sekali-kali menyebutkan hal ini melainkan dari Nabi Saw."
Imam Syafii, menurut pendapat yang masyhur darinya, tidak membedakan antara
perjalanan biasa dan perjalanan untuk melakukan perang. Keduanya memang
bersumber dari dia, ia memperbolehkan salat tatawwu' di atas kendaraan (dalam
dua keadaan tersebut). Pendapat ini dianut oleh Imam Abu Hanifah, lain halnya
dengan Imam Malik dan jamaahnya yang berpendapat berbeda. Sedangkan Abu Yusuf
dan Abu Sa'id Al-Astakhri memilih pendapat boleh melakukan salat sunat di atas
kendaraan ketika di Mesir. Pendapat ini diriwayatkan oleh Abu Yusuf melalui Anas
ibnu Malik r.a., tetapi Abu Ja'far At-Tabari memilih pendapat ini dan pendapat
yang membolehkannya bagi orang yang berjalan kaki.
Ibnu Jarir mengatakan bahwa ulama yang lainnya lagi mengatakan bahwa ayat ini
diturunkan berkenaan dengan suatu kaum yang buta sama sekali akan arah kiblat
hingga mereka tidak mengetahui mana arahnya, lalu mereka melakukan salatnya
menghadap ke arah yang berbeda-beda. Maka Allah Swt. berfirman, "Dan kepunyaan
Akulah timur dan barat itu. Maka ke arah mana pun kalian menghadapkan wajah
kalian, di situlah terdapat wajah-Ku yang merupakan kiblat kalian; hal ini
sebagai pemberitahuan buat kalian bahwa salat kalian harus tetap
dilangsungkan."
Telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ishaq Al-Ahwazi, telah
menceritakan kepada kami Abu Ahmad Az-Zubairi, telah menceritakan kepada kami
Abur Rabi' As-Samman, dari Asim ibnu Ubaidillah, dari Abdullah ibnu Amir ibnu
Rabi'ah, dari ayahnya yang menceritakan:
Kami pernah bersama Rasulullah Saw. di suatu malam yang gelap gulita dan kami
turun istirahat di suatu tempat, lalu seseorang mulai mengambil batu-batu untuk
membuat masjid (tempat sujud) untuk salat. Ketika pagi harinya, ternyata jelas
bagi kami bahwa kami telah salat bukan menghadap ke arah kiblat. Maka kami
berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami tadi malam salat bukan menghadap
ke arah kiblat." Maka Allah Swt. menurunkan firman-Nya, "Dan kepunyaan
Allah-lah timur dan barat. Maka ke mana pun kalian menghadap, di situlah wajah
Allah." (Al-Baqarah: 115), hingga akhir ayat.
Kemudian Ibnu Jarir meriwayatkan pula hadis yang semisal melalui Sufyan ibnu
Waki', dari ayahnya, dari Abur Rabi' As-Samman. Imam Turmuzi meriwayatkannya
dari Mahmud ibnu Gailan, dari Waki'; sedangkan Ibnu Majah, dari Yahya ibnu
Hakim, dari Abu Daud, dari Abur Rabi' As-Samman. Ibnu Abu Hatim meriwayatkannya
dari Al-Hasan ibnu Muhammad ibnus Sabbah, dari Sa'id ibnu Sulaiman, dari
Ar-Rabi' As-Samman yang nama aslinya ialah Asy'as ibnu Sa'id Al-Basri, dia orang
yang daif hadisnya. Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini berpredikat hasan,
tetapi sanadnya tidaklah demikian, dan kami tidak mengetahuinya kecuali melalui
hadis Al-Asy'as As-Samman, sedangkan Asy'as dinilai lemah hadisnya. Menurut kami
(penulis), gurunya juga (yaitu Asim) dinilai lemah; bahkan menurut Imam Bukhari
hadisnya dinilai munkar. Ibnu Mu'in mengatakan bahwa dia orangnya daif, hadisnya
tidak dapat dijadikan hujah. Ibnu Hibban mengatakan bahwa hadisnya berpredikat
matruk.
Sesungguhnya telah diriwayatkan dari jalur yang lain melalui Jabir. Untuk
itu, Al-Hafiz Abu Bakar ibnu Murdawaih telah meriwayatkan di dalam tafsir ayat
ini bahwa telah menceritakan kepada kami Ismail ibnu Ali ibnu Ismail, telah
menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnu Ali ibnu Syabib, telah menceritakan
kepadaku Ahmad ibnu Abdullah ibnul Hasan yang mengatakan bahwa di dalam kitab
catatan ayahnya ia pernah menemukan hal berikut, bahwa telah menceritakan kepada
kami Abdul Malik Al-Azrami, dari Ata ibnu Jabir yang menceritakan hadis
berikut:
Rasulullah Saw. mengutus suatu pasukan yang aku termasuk salah satu
anggotanya, maka kami mengalami malam yang gelap gulita hingga kami tidak
mengetahui arah kiblat. Lalu segolongan orang dari kami berkata, "Sesungguhnya
kami telah mengetahui arah kiblat mengarah ke sebelah ini, yakni sebelah utara."
Maka mereka melakukan salat dan membuat garis-garis sebagai tandanya; ketika
mereka berada di pagi hari dan matahari terbit, ternyata garis-garis tersebut
bukan menghadap ke arah kiblat. Ketika kami kembali dari perjalanan misi kami,
maka kami tanyakan hal itu kepada Nabi Saw., tetapi beliau diam (tidak
menjawab), dan Allah menurunkan firman-Nya, "Dan kepunyaan Allah-lah timur
dan barat. Maka ke mana pun kalian menghadap, di situlah wajah Allah"
(Al-Baqarah: 115).
Kemudian Al-Hafiz Abu Bakar ibnu Murdawaih meriwayatkannya pula melalui hadis
Muhammad ibnu Ubaidillah Al-Azrami, dari Ata, dari Jabir dengan lafaz yang
sama.
قَالَ
الدَّارَقُطْنِيُّ: قُرِئَ عَلَى عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ -وَأَنَا
أَسْمَعُ-حَدَّثَكُمْ دَاوُدُ بْنُ عَمْرٍو، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَزِيدَ
الْوَاسِطِيُّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سَالِمٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرٍ، قال: كنا
مع رسول الله صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَسِيرٍ فَأَصَابَنَا غَيْمٌ، فَتَحَيَّرْنَا
فَاخْتَلَفْنَا فِي الْقِبْلَةِ، فَصَلَّى كُلٌّ (1) مِنَّا عَلَى حِدَةِ، وَجَعَلَ
أَحَدُنَا يَخُطُّ بَيْنَ يَدَيْهِ لَنَعْلَمَ أَمْكِنَتَنَا، فَذَكَرْنَا ذَلِكَ
لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ يَأْمُرْنَا بِالْإِعَادَةِ،
وَقَالَ: "قَدْ أَجَزَّأَتْ صَلَاتُكُمْ".
Imam Daruqutni mengatakan, telah dibacakan kepada Abdullah ibnu Abdul Aziz,
sedangkan aku mendengarkannya. Si pembaca hadis mengatakan, telah menceritakan
kepada kalian Daud ibnu Amr, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Yazid
Al-Wasiti, dari Muhammad ibnu Salim, dari Ata, dari Jabir yang menceritakan,
"Kami pernah bersama Rasulullah Saw. dalam suatu perjalanan, kemudian awan
menutupi (pandangan kami) hingga kami kebingungan. Maka kami berbeda pendapat
dalam masalah kiblat, dan masing-masing orang dari kami melakukan salat dengan
menghadap ke arahnya masing-masing, dan seseorang di antara kami membuat garis
di depannya sebagai tanda untuk mengetahui tempat kami menghadap. Kemudian kami
ceritakan hal tersebut kepada Nabi Saw., dan ternyata beliau tidak memerintahkan
kami untuk mengulangi salat kami, lalu beliau Saw. bersabda, "Salat kalian
telah lewat"
Kemudian Imam Daruqutni mengatakan bahwa demikianlah apa yang telah dikatakan
oleh Muhammad ibnu Salim. Sedangkan selain Imam Daruqutni meriwayatkannya dari
Muhammad ibnu Abdullah Al-Azrami, dari Ata, tetapi keduanya (Muhammad ibnu Salim
dan Muhammad ibnu Abdullah Al-Azrami) berpredikat daif.
Hadis ini diriwayatkan pula oleh Ibnu Murdawaih melalui hadis Al-Kalbi, dari
Abu Saleh, dari Ibnu Abbas: Bahwa Rasulullah Saw. pernah mengirim suatu pasukan
sariyyah, lalu mereka tertutup oleh kabut hingga mereka tidak mendapat petunjuk
untuk mengetahui arah kiblat. Maka mereka salat dengan menghadap ke arah selain
kiblat, kemudian jelaslah bagi mereka setelah matahari cerah, bahwa mereka salat
menghadap ke arah selain kiblat. Ketika mereka datang kepada Rasulullah Saw.,
mereka menceritakan hal itu kepadanya, lalu Allah Swt. menurunkan ayat ini,
yaitu: "Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat. Maka ke mana pun kalian
menghadap, di situlah wajah Allah" (Al-Baqarah: 115).
Semua sanad yang telah diketengahkan di atas mengandung ke-daif-an,
barangkali sebagian darinya memperkuat sebagian yang lain.
Mengulangi salat bagi orang yang keliru (menghadap bukan ke arah kiblat),
sehubungan dengan masalah ini ada dua pendapat di kalangan para ulama. Semua
hadis yang telah dikemukakan merupakan dalil-dalil yang menunjukkan bahwa qada
itu tidak ada.
Ibnu Jarir mengatakan, ulama lainnya mengatakan bahwa ayat ini (Al-Baqarah
ayat 115) diturunkan karena masalah Raja Najasyi, seperti yang diceritakan oleh
Muhammad ibnu Basysyar kepada kami, bahwa telah menceritakan kepada kami Mu'az
ibnu Hisyam, telah menceritakan kepadaku ayahku, dari Qatadah, bahwa Nabi Saw.
pernah bersabda, "Sesungguhnya seorang saudara kalian telah meninggal dunia,
maka salatkanlah dia oleh kalian." Mereka bertanya, "Apakah kami akan
menyalatkan seorang lelaki yang bukan muslim?" Qatadah melanjutkan riwayatnya,
bahwa setelah itu turunlah firman-Nya: Dan sesungguhnya di antara ahli kitab
ada orang yang beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kalian
dan apa yang diturunkan kepada mereka sedang mereka berendah hati kepada
Allah. (Ali Imran: 199) Qatadah melanjutkan kisahnya, bahwa mereka
mengatakan, "Sesungguhnya dia (Raja Najasyi) tidak salat menghadap ke arah
kiblat." Maka Allah Swt. menurunkan firman-Nya: Dan kepunyaan Allah-lah timur
dan barat. Maka ke mana pun kalian menghadap, di situlah wajah Allah.
(Al-Baqarah: 115)
Hadis ini berpredikat garib. Menurut suatu pendapat, sesungguhnya Raja
Najasyi salat menghadap ke arah Baitul Maqdis sebelum sampai kepadanya
pe-nasakh-an yang memerintahkan beralih menghadap ke arah Ka'bah, menurut
riwayat yang diketengahkan oleh Al-Qurtubi melalui Qatadah.
Imam Qurtubi menyebutkan pula bahwa ketika Raja Najasyi meninggal dunia,
Rasulullah Saw. menyalatkannya. Maka hadis ini dijadikan sebagai dalil oleh
orang-orang yang mengatakan disyariatkannya salat gaib. Selanjutnya Imam Quitubi
mengatakan, hal ini merupakan suatu kekhususan menurut pendapat di kalangan
kami, dengan alasan-alasan sebagai berikut:
Pertama, Rasulullah Saw. menyaksikan kematiannya. Di saat Raja Najasyi
meninggal dunia, maka bumi dilipat untuk Rasulullah Saw. hingga beliau dapat
menyaksikannya.
Kedua, ketika Raja Najasyi meninggal dunia, tiada seorang pun yang
menyalatkannya di negeri tempat tinggalnya. Pendapat ini dipilih oleh Ibnul
Arabi. Tetapi menurut Imam Qurtubi, mustahil bila ada seorang raja muslim,
sedangkan di kalangan kaumnya tiada seorang pun yang seagama dengannya. Ibnul
Arabi menjawab sanggahan tersebut, barangkali di kalangan mereka masih belum
disyariatkan salat mayat. Jawaban ini cukup baik.
Ketiga, Nabi Saw. sengaja menyalatkannya dengan maksud untuk memikat hati
raja-raja lainnya.
وَقَدْ
أَوْرَدَ الْحَافِظُ أَبُو بَكْرِ بْنُ مَرْدُويه فِي تَفْسِيرِ هَذِهِ الْآيَةِ
مِنْ حَدِيثِ أَبِي مَعْشَرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَلْقَمَةَ، عَنْ
أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَا بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ قبْلَة
لِأَهْلِ الْمَدِينَةِ وَأَهْلِ الشَّامِ وَأَهْلِ الْعِرَاقِ".
Al-Hafiz Abu Bakar ibnu Murdawaih meriwayatkan di dalam kitab tafsirnya
melalui hadis Abu Ma'syar, dari Muhammad ibnu Amr ibnu Alqamah, dari Abu
Salamah, dari Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Di
antara timur dan barat terdapat kiblat bagi penduduk Madinah, penduduk Syam, dan
penduduk Irak.
Hadis ini mempunyai kaitan dengan bab ini, dan telah diriwayatkan pula oleh
Imam Turmuzi dan Imam Ibnu Majah melalui hadis Abu Ma'syar yang nama aslinya
ialah Nujaih ibnu Abdur Rahman As-Saddi Al-Madani dengan lafaz yang sama,
yaitu:
«مَا
بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ قِبْلَةٌ»
Di antara timur dan barat terdapat kiblat.
Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini telah diriwayatkan melalui berbagai
jalur dari Abu Hurairah. Sebagian kalangan ahlul ilmi mengenai diri Abu Ma'syar
dari segi hafalan hadisnya (yakni hafalannya lemah).
Kemudian Imam Turmuzi mengatakan:
حَدَّثَنِي
الْحَسَنُ بْنُ [أَبِي] بَكْرٍ الْمَرْوَزِيُّ، حَدَّثَنَا الْمُعَلَى بْنُ
مَنْصُورٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ الْمَخْزُومِيُّ، عَنْ
عُثْمَانَ بْنِ مُحَمَّدٍ الْأَخْنَسِيِّ، عَنْ سَعِيدٍ الْمُقْبِرِيِّ، عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "مَا بَيْنَ
الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ قِبْلَةٌ"
telah menceritakan kepadaku Al-Hasan ibnu Bakar Al-Mawarzi, telah
menceritakan kepada kami Al-Ma’la ibnu Mansur, telah menceritakan kepada kami
Abdullah ibnu Ja'far Al-Makhzumi, dari Usman ibnu Muhammad ibnul Mugirah
Al-Akhnas, dari Abu Sa'id Al-Maqbari, dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi Saw.
yang telah bersabda: Di antara timur dan barat terdapat kiblat.
Kemudian Imam Turmuzi mengatakan, hadis ini berpredikat hasan sahih. Telah
diriwayatkan dari Imam Bukhari bahwa dia telah mengatakan hadis ini lebih kuat
dan lebih sahih daripada hadis Abu Ma'-syar.
Imam Turmuzi mengatakan, telah diriwayatkan hadis berikut oleh bukan hanya
seorang dari kalangan sahabat, yaitu: Di antara timur dan barat terdapat
kiblat. Di antara mereka adalah Umar ibnul Khattab, Ali, dan Ibnu
Abbas radiyallahu 'anhum. Ibnu Umar r.a. pernah mengatakan:
Apabila engkau jadikan arah barat di sebelah kananmu dan arah timur di
sebelah kirimu, maka di antara keduanya adalah arah kiblat, jika engkau hendak
menghadap ke arah kiblat.
Kemudian Ibnu Murdawaih mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ali ibnu
Ahmad ibnu Abdur Rahman, telah menceritakan kepada kami Ya'qub ibnu Yusuf maula
Bani Hasyim, telah menceritakan kepada kami Syu'aib ibnu Ayyub, telah
menceritakan kepada kami Ibnu Namir, dari Abdullah ibnu Umar, dari Nafi', dari
Ibnu Umar, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Di antara timur dan barat
terdapat arah kiblat.
Hadis ini diriwayatkan pula oleh Imam Daruqutni dan Imam Baihaqi. Ibnu
Murdawaih mengatakan, menurut pendapat yang masyhur hadis yang diriwayatkan oleh
Ibnu Umar r.a. adalah perkataan Ibnu Umar r.a. sendiri.
Ibnu Jarir mengatakan, makna ayat ini (Al-Baqarah ayat 115) dapat
diinterpretasikan seperti berikut: "Ke mana pun kalian mengarahkan wajah kalian
dalam doa kalian kepada-Ku, maka di situlah terdapat wajah-Ku; Aku akan
memperkenankan doa yang kalian panjatkan." Seperti yang diceritakan kepada kami
oleh Al-Qasim yang mengatakan, telah menceritakan kepada kami Al-Husain, telah
menceritakan kepadaku Hajjaj yang mengatakan bahwa Ibnu Juraij pernah
meriwayatkan dari Mujahid, ketika ayat ini diturunkan (yaitu firman-Nya):
Berdoalah kalian kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagi kalian.
(Al-Mu’min: 60) maka mereka bertanya, "Ke arah manakah kami menghadap?" Lalu
turunlah firman-Nya: Maka ke arah mana pun kalian menghadap, di situlah wajah
Allah. (Al-Baqarah: 115)
Ibnu Jarir mengatakan bahwa makna firman-Nya: Sesungguhnya Allah Mahaluas
(rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Al-Baqarah: 115) Artinya, rahmat Allah
mencakup semua makhluk-Nya dengan memberi mereka kecukupan, karunia, dan
anugerah dari-Nya. Firman-Nya, "'Alimun" artinya sesungguhnya Allah Swt.
Maha Mengetahui perbuatan-perbuatan mereka; tiada sesuatu pun dari amal mereka
yang tidak diketahui-Nya dan tiada sesuatu pun yang menghalang-halangi
pengetahuan-Nya, bahkan Allah Swt. Maha Mengetahui kesemuanya itu (baik yang
lahir maupun yang batin).
EmoticonEmoticon